Sabtu, 20 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Intip Pengaturan AC Aqua yang Tepat Biar Cepat Dingin

Beraktivitas di ruangan ber-AC memang menyenangkan karena membuat tubuh lebih rileks, khususnya saat cuaca sedang panas. Anda bukan hanya wajib mencuci AC dan melakukan pemeriksaan rutin agar kondisinya senantiasa prima, tetapi juga memahami pengaturan AC yang tepat.

Menentukan pengaturan AC biar dingin sebenarnya mudah, tetapi masih banyak orang yang belum memahaminya sehingga manfaat AC terasa kurang maksimal.

Kalau Anda masih kesulitan menentukan pengaturan AC yang tepat, sebaiknya Anda menyimak ulasan ini terlebih dahulu secara cermat.

Tips Menentukan Pengaturan AC Biar Dingin

Beberapa langkah yang mesti Anda lakukan ketika menentukan pengaturan AC biar dingin adalah sebagai berikut:

  • Pilih mode Cool pada remote AC: setelah memastikan bahwa kondisi pintu dan jendela ruangan sudah tertutup, maka selanjutnya Anda mesti menentukan mode pengoperasian yang tepat pada remote AC. Pada umumnya, ada 4 mode yang tertera di remote, yaitu Cool, Dry, Fan, dan Auto. Pilihlah mode Cool yang dilambangkan dengan gambar butiran salju untuk membuat ruangan lebih cepat dingin.
  • Atur kecepatan kipas pada mode maksimal: kecepatan kipas (fan speed) juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan AC mendinginkan ruangan. Jadi, Anda harus mengatur kecepatan kipas pada tingkat maksimal agar sirkulasi lekas membuat udara panas di ruangan digantikan dengan udara dingin dari hembusan AC.
  • Aktifkan mode Swingtahapan berikutnya yang mesti Anda lakukan supaya AC cepat dingin adalah mengaktifkan mode Swing. Opsi ini akan menggerakkan kisi-kisi AC sehingga membuat udara dingin menyebar secara merata dan ruangan pun jadi lekas dingin. Biasanya mode Swing membuat kisi-kisi bergerak ke atas dan ke bawah, tetapi ada pula tipe AC yang memiliki dua mode Swing, yaitu atas bawah dan kanan kiri.
  • Turunkan suhu ruangan secara bertahap: banyak orang langsung menurunkan suhu AC ke titik terendah ketika baru menyalakannya supaya ruangan cepat dingin. Kebiasaan ini sebenarnya berdampak buruk terhadap kinerja AC secara keseluruhan karena kompresor seakan langsung dipaksa bekerja keras menurunkan suhu ruangan ke titik terendah.

Bila hal ini terjadi terus-menerus, kemungkinan besar kompresor AC lebih cepat rusak sehingga AC tidak dingin. Suhu ideal AC yang baru dinyalakan untuk sebuah ruangan tertutup berkisar antara 22C hingga 25C.

Bila Anda menginginkan suhu lebih dingin, cobalah menurunkan suhu sebanyak 1 derajat setiap 10 menit sekali. Dengan demikian, kompresor akan lebih mudah beradaptasi karena mendapatkan jeda waktu yang cukup untuk menurunkan suhu ruangan.

Cara Mengatur Suhu AC agar Tidak Terlalu Dingin

Rekomendasi Produk

AQA-KCR5AHQ

 

AC 1/2 PK | Turbo Cool | Anti Corrosion | Wide Voltage Range | Triple Air Flow

 

Detail

Pengaturan AC biar dingin memang dibutuhkan ketika cuaca sangat panas atau ruangan dipenuhi banyak orang. Namun, Anda juga wajib memahami cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin supaya ruangan sejuk tanpa membuat tubuh menggigil. Lakukan beberapa cara ini jika ingin mengatur suhu AC tanpa menyebabkan dingin berlebihan:

  • Tentukan rentang suhu ideal: kisaran suhu ideal yang membuat AC terasa sejuk adalah 22C sampai 25C. Rentang suhu ini sangat cocok untuk suasana malam hari karena menciptakan suasana dingin yang pas bagi ruangan. Jika Anda tidak menyukai ruangan yang terlalu dingin, maka aturlah suhu AC agar berada pada kisaran tersebut.
  • Gunakan mode Autobila mendinginkan ruangan secara maksimal butuh mode Cool, maka lain halnya kalau ingin membuat ruangan sejuk tetapi tidak terlalu dingin. Anda harus memilih mode Auto yang membuat kompresor bekerja secara otomatis.

Ketika ruangan mencapai suhu yang diinginkan, kompresor akan berhenti bekerja. Sebaliknya, kompresor akan kembali bekerja bila suhu ruangan mengalami peningkatan. Mode AC ini sangat cocok digunakan saat Anda tidur sehingga Anda tidak perlu repot mengatur suhu AC secara manual melalui remote.

  • Atur kecepatan kipas pada mode minimal: kipas AC yang diatur agar berputar kencang tentu membuat suhu ruangan jadi lebih dingin. Kalau Anda tak ingin ruangan terlalu dingin, maka jangan lupa mengatur kecepatan kipas AC pada mode minimal. Tak hanya membuat suhu ruangan jadi sejuk, kecepatan kipas dalam mode tersebut juga bermanfaat meringankan kinejra kompresor.
  • Manfaatkan fitur Timer: penggunaan fitur Timer juga menjadi salah satu cara mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin, terutama saat Anda tidur. Cara menggunakannya sangat mudah. Awali dengan menyesuaikan waktu pada remote AC berdasarkan waktu yang ditunjukkan HP atau arloji.

Kemudian, Anda hanya perlu menentukan waktu mati AC melalui remote maka AC akan mati secara otomatis pada waktu yang Anda inginkan. Selain bisa digunakan untuk mematikan AC tanpa remote, fitur Timer juga bisa diandalkan untuk menyalakan AC secara otomatis.

Kalau pengaturan AC biar dingin tak berfungsi lagi karena AC lama mulai sering rusak, alangkah lebih baik jika Anda menyiapkan bujet untuk membeli AC baru. Salah satu rekomendasi produk AC berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan adalah AC AQA-KCR5AHQ dari AQUA Elektronik.

Tipe AC ini dilengkapi fitur yang hanya butuh waktu 5 menit untuk mencapai level suhu yang Anda pilih. Kinerja AC AQA-KCR5AHQ tetap stabil dan optimal pada rentan voltase lebar, yaitu 160 V hingga 242 V. Fitur Triple Flow pada produk AQUA Elektronik ini mampu mengalirkan udara secara lebih jauh, lebih cepat, dan lebih kuat.

Anda juga tak perlu resah dengan risiko karat sebab AC ½ PK ini dilengkapi tembaga murni berlapis blue fin pada evaporator dan kondensor untuk mencegah timbulnya karat pada unit indoor maupun outdoor.

Suasana ruangan yang panas tak akan mengganggu aktivitas Anda lagi karena ada AC AQA-KCR5AHQ yang siap jadi andalan. Tampilannya yang elegan dan fitur-fiturnya yang istimewa siap menyempurnakan nuansa ruangan Anda.

Sumber : Aqua Elektronik Indonesia