Minggu, 28 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Cara memilih ac yang tepat By AquaJapan

 

Apakah sobat AQUA Japan sedang terpikir untuk membeli penyeguk ruangan baru? Jika kamu sedang dipusingkan oleh berbagai pilihan AC yang tersedia dipasaran, ditambah lagi berbagai fitur yang masing-masing unit tawarkan yang kamu sendiri tidak yakin perlu atau tidak. Untuk memastikan sobat AQUA Japan tidak salah dalam memilih AC baru, cukup perhatikan empat hal berikut untuk mempermudah pilihan kamu.

1. Pilih PK Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Dalam memilih AC, hal pertama yang harus anda cari tahu adalah berapa PK yang di butuhkan. Jika memilih AC dengan PK yang kurang besar tidak terasa dingin dan sebaliknya, jika menggunakan yang PK-nya terlalu besar dapat mengakibatkan ruangan jadi terlalu dingin dan boros listrik.

Untuk menentukan PK yang tepat, Sobat AQUA Japan dapat menggunakan rumus berikut:

BTU = Luas Ruangan dalam m2 x 500

Dari rumus tersebut, kita akan memperoleh angka BTU, yaitu British Thermal Unit. Hasil perkalian dapat dicocokkan dengan daftar dibawah untuk menentukan ukuran PK yang tepat.

1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)

3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)

1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)

1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)

2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

2. Penggunaan Listrik

Mengingat bahwa AC akan sobat AQUA Japan nyalakan untuk waktu yang yang cukup lama, pastikan memilih AC yang tidak boros listrik. Saat sedang memilah-memilah tipe yang diinginkan, pastikan kamu melihat seberapa besar watt yang digunakan AC tersebut saat pertama dinyalakan. Ternyata AC tipe inverter menggunakan daya listrik yang lebih banyak saat pertama kali dinyalakan. Ingin tahu kenapa ini bisa terjadi? Akan dijelaskan di poin berikutnya.

3. Pilih tipe standard, low watt atau inverter?

Jika sobat AQUA Japan memilih AC split, akan ditawarkan tiga tipe, yaitu standard, low watt dan inverter. Pada dasarnya tipe standard dan low watt hamper sama, hanya saja pada tipe low watt penggunaan daya pada kompressor dikurangi supaya lebih hemat energi. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil.

Berbeda dengan AC tipe inverter dimana unit tersebut akan bekerja amat keras pada saat dinyalakan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu sesuai pengaturan, baru unit akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Oleh karena itu, AC inverter tidak terlalu disarankan untuk mereka yang hanya menggunakan AC untuk periode waktu singkat (2-3 jam) atau jika pintu ruangannya sering dibuka tutup. Jika AC digunakan untuk keperluan rumah, tipe standard atau low watt mungkin adalah pilihan terbaik untuk kamu, sementara inverter lebih cocok untuk keperluan mendinginkan ruang kantoran.

4. Fitur Tambahan

Sekarang AC hadir dengan berbagai macam fitur guna menarik pembeli. Tapi perlukah kamu membeli AC dengan konektifitas WiFi atau remot yang akan bunyi jika ada jendela yang terbuka? Daripada dibingungkan oleh opsi fitur yang tampaknya canggih, tapi belum tentu kita gunakan, sebaiknya focus cari AC dengan fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Tentu ruangan akan terasa lebih nyaman jika selain dingin udaranya juga segar.

Sekarang sobat AQUA Japan sudah tahu apa yang perlu diperhatikan saat memilih AC, kita harap jangan salah beli. AC dari AQUA Japan jelas menawarkan fitur yang kamu perlukan, langsung saja lihat daftar produk AC kami yang tersedia.

Sumber : aquajapanid.com