Sabtu, 20 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter

Perkembangan teknologi selalu saja memunculkan temuan-temuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah peningkatan kinerja AC. Makin kesini, teknologi yang disematkan pada AC terbaik semakin keren dan canggih. Saat ini beberapa jenis AC yang sedang hits adalah AC tipe inverter dan AC tipe Low Watt. Sebenarnya apa sih maksud dari inverter dan low watt ini? Lalu di mana saja letak perbedaan kedua AC terbaik yang sama-sama berfungsi untuk mendinginkan ruangan ini? Simak ulasannya di sini.

AC Low Watt

AC tipe low watt ini memiliki daya listrik yang lebih kecil dibandingkan dengan AC konvensional. Hal ini disebabkan oleh pengurangan kerja kompresor atau penggunaan kompresor yang lebih kecil. Jika Anda bisa menggunakan AC terbaik tipe low watt ini dengan tepat maka pemakaian listrik di rumah akan lebih hemat. Beberapa contoh penggunaan yang tepat adalah dengan menggunakan pipa tidak lebih dari 10 meter, serta mengatur ketinggian antara unit indoor dan outdoor maksimal 3 meter.

Jika dibandingkan dengan AC tipe inverter, AC low watt lebih lambat dalam proses pendinginan ruangan karena memang bebean kerja kompresosrnya berbeda. Tapi harga AC low watt lebih murah jika dibandingkan dengan AC inverter. AC terbaik tipe low watt ini tidak cocok untuk penggunaan terus menerus dan lebih baik untuk penggunaan nyala-mati dalam kesehariannya.

AC Inverter

Nah untuk AC inverter ini teknologi yang digunakan sudah lebih maju jika dibandingkan dengan AC Low Watt. Pengaplikasian teknologi inverter pada AC terbaik bisa membuat AC bekerja secara optimal tanpa harus mengkonsumsi listrik berlebih. Jadi mekanismenya, saat sebuah AC menggunakan teknologi inverter maka sistem kerja kompresor bisa berubah sesuai kebutuhan. Jadi konsumsi listrik pada AC jenis ini akan sinkron dengan kinerja AC itu sendiri. Jadi saat ruangan sudah mencapai suhu yang diinginkan maka sensor suhu yang ada pada AC akan mendeteksi dan mengatur agar kompresor bekerja lebih lambat. Kondisi inilah yang membuat AC terbaik jenis inverter dapat banyak menghemat listrik. Sebagai contoh adalah teknologi inverter pada AC Sharp yang bisa menghemat listrik hingga 65%.

Selain lebih hemat listrik, AC inverter juga lebih cepat dalam mendinginkan ruangan. AC inverter juga cocok untuk pemakaian terus-menerus. Namun perlu diingat bahwa sebanding dengan hasil kerjanya, AC terbaik jenis inverter ini lebih mahal dalam hal pembelian dan pemeliharaan jika dibandingkan dengan AC Low Watt.

Setelah mengetahui tentang perbedaan kedua jenis AC ini, AC terbaik mana yang menjadi pilihan Anda? Apapun pilihan Anda, Sharp memiliki deretan AC terbaik mulai dari AC Low Watt hingga Inverter.

Sumber Sharp Indonesia