Jum'at, 26 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Perlukah Freon AC Terbaik Anda Diisi Ulang?

Salah satu benda elektronik yang bisa ditemukan hampir di setiap rumah, khususnya rumah di wilayah perkotaan adalah AC. Pentingnya penggunaan AC terbaik di rumah tentunya harus diselaraskan dengan perawatan dan pemeliharaan. Faktanya perawatan dan pemeliharaan untuk AC terbaik ini seringkali menjadi masalah karena cukup banyak pengguna AC yang tidak tahu cara yang benar untuk merawat dan memelihara AC.

Dari sekian banyak masalah perawatan dan pemeliharaan yang terjadi di masyarakat, masalah pengisisan ulang Freon termasuk primadonanya. Beberapa orang sering menanyakan apakah Freon AC terbaik Anda harus diisi ulang atau diganti setiap bulan atau beberapa bulan sekali? Pertanyaan tersebut jika dijabarkan mungkin akan memiliki jawaban yang sangat panjang. Tapi secara keseluruhan jawaban untuk pertanyaan tadi adalah tidak perlu.

Sebelumnya Anda harus tahu bahwa prinsip kerja AC rumah sama persis dengan AC mobil yaitu adanya kompresor yang bekerja memompa gas Freon ke evaporator di unit indoor. Lalu angin dingin akan keluar dari kisi-kisi AC terbaik. Dari poin ini, apakah Anda tahu di mana posisi gas Freon tadi? Gas Freon yang tersimpan di kompresor akan selalu berputar di putaran tertutup di mana alurnya adalah dari kompresor dipompa ke evaporator dan kembali lagi ke kompresor. Jadi jelas gas Freon tidak akan keluar dari putaran kecuali ada kebocoran. Dari sini jelas jika saat Anda baru membeli AC terbaik, lalu instalasi AC dilakukan dengan benar maka Anda tidak perlu isi ulang Freon setiap beberapa bulan sekali.

Lalu bagaimana dengan penguapan? Secara ilmiah gas tentu bisa menguap bila terkena panas. Tapi kondisi ini juga tidak menjadi alasan bagi Anda untuk mengisi ulang Freon AC terbaik Anda beberapa bulan sekali. Hal ini karena tingkat penguapan Freon AC terbaik Anda sudah diperkirakan dengan matang oleh produsen AC, khususnya oleh Sharp sebagai salah satu pioneer di bidang elektronik.

Sebenarnya pertanyaan pengisian ulang Freon AC terbaik bisa mendapatkan jawaban perlu jika memang AC terbaik Anda sudah berumur 5 tahun ke atas. Namun jika AC terbaik di rumah Anda masih berusia di bawah 2 tahun atau bahkan belum ada 1 tahun maka berarti ini ada masalah pada instalasi AC, pipa atau beberapa penyebab lainnya.

Sumber:Sharp Indonesia