Rabu, 17 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Tips Mengatur Suhu AC Agar Awet

Alat elektronik tentu lambat laun akan mengalami penurunan fungsi karena pemakaian dan usia, begitu juga dengan AC. Namun, dengan pemakaian yang tepat Anda bisa menjaga agar perangkat ini bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu kesalahan terbesar dalam pemakaian Air Conditioner adalah mengaturnya pada suhu yang terlalu rendah serta dengan fan speed maksimal. Untuk pemakaian di rumah, idealnya adalah mengatur suhu pada remote 240 Celcius saja dengan fan speed 1 atau 2.

Saat Anda tengah berada di mall, pasti Anda sering merasa kedinginan, padahal kenyataanya pendingin udara mall hanya di-set pada suhu 250 Celcius saja. Udara di mall bisa terasa dingin karena Btu pada Air Conditioner di mall memang jauh lebih besar daripada kebutuhan ruangan yang ada.

Jadi, pada dasarnya dingin atau tidaknya suatu ruangan tidak hanya bergantung pada tinggi rendahnya suhu AC yang diatur, tetapi juga perbandingan kapasitas AC dengan keperluan ruangan yang ada.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bagaimana cara kerja mesin pendingin ruangan ini. Misalnya Anda mengatur suhu apda 230 maka kompresor AC akan hidup, kemudian gas panas akan menuju evaporator Air Conditioner di unit indoor dan dilepaskan oleh fan. Pada saat inilah Anda bisa merasakan hawa sejuk bahkan dingin dari Air Condiitoner.

Kemudian unit Thermostat pada unit di dalam ruangan akan terhubung dengan unit komputer pada AC dan membuat suhu ruangan mencapai angka 230. Dengan cara ini bisa disimpulkan bahwa suhu yang tertera pada AC belum tentu sama dengan suhu ruangan melainkan perintah Anda kepada perangkat tersebut untuk membuat ruangan mencapai suhu tersebut.

Saat suhu ruangan Anda belum mencapai sesuai angka di remote maka kompresor akan meningkatkan kinerjanya hingga menjadi terlalu panas dan terjadi cut off atau dimatikan secara otomatis.

Kompresor yang mati disebabkan oleh 2 hal berikut, yaitu suhu yang diinginkan sudah tercapai atau kapasitas kompresor sudah maksimal dan tak bisa ditingkatkan lagi.

Bila Anda memaksakan suhu udara yang terlalu dingin (mencapai 180) sementara suhu ruangan terlalu tinggi maka kondisi ini akan berulang-ulang dan akhirnya memperpendek umur kompresor Air Conditioner Anda.

Untuk suhu alat pendingin yang wajar di Indonesia adalah pada suhu 23 atau 240 Celcius dengan speed fan maksimal di tingkat kedua. Anda sudah bisa merasa cukup sejuk dan nyaman pada pengaturan tersebut jika memang alat pendingin Anda sesui dengan kapasitas ruangan.

Tetapi bila ruangan tetap tak terasa dingin pada suhu tersebut, ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, yaitu AC mengalami masalah atau kapasitas alat pendingin Anda tak mencukupi atau tak sebanding dengan luas ruangan yang ada.

Inilah sebabnya penting sekali mengetahui produk pendingin udara incaran Anda sebelum membelinya. Jadi, jika Anda mengatur suhu Air Conditioner pada suhu yang terlalu rendah dan speed fan maksimum maka konsumsi listrik di rumah Anda akan semakin boros apalagi pada produk dengan Watt yang besar.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan cara menggunakan AC yang tepat secara umum adalah cukup mengatur suhu remote pada suhu 23 atau 240 dan dengan speed fan 1 sampai 2. Dengan demikian kompresor AC tak bekerja terlalu keras dan perangkat elektronik Anda tersebut akan lebih awet. Cukup mudah, bukan?

Sumber Sharp Indonesia
https://id.sharp/news/tips-mengatur-suhu-ac-agar-awet