Jum'at, 19 April 2024 0
HARGAKAMI.COM Elektronik
Jl.Raya KSU No.27G Tirtajaya,Sukmajaya Depok. WhatsApp 0818761988
Jl.Raya Karadenan No.24 Karadenan,Cibinong. WhatsApp 081385746155

Tips Menghemat Listrik pada Pemakaian AC

Anda mungkin berpikir bahwa menggunakan AC akan membuat semakin boros dalam pengeluaran listrik. Padahal terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat memakai AC di rumah dengan cara yang lebih hemat. Simak tips dan trik berikut supaya Anda tidak boros dalam pemakaian listrik untuk operasional AC.

Sesuaikan AC dengan luas ruang
Pilih AC yang memiliki PK sesuai dengan luas ruangan Anda. Jika Anda menyesuaikan kapasitas PK AC dengan luas ruangan yang akan Anda pasang AC maka akan memaksimalkan kinerja AC sehingga Anda tidak perlu menambah AC yang akan membuat tagihan listrik Anda membengkak.
Jangan set suhu dibawah 25°
Usahakan untuk tidak mengatur suhu AC dibawah 25° Celcius. Saat Anda mengatur suhu AC dibawah 25° Celcius akan menyebabkan kompresor AC bekerja secara maksimum dan menyebabkan pemborosan listrik. Set suhu AC antara 23-24° Celcius sehingga tidak akan memakan biaya listrik yang banyak dan kompresor AC pun dapat beroperasi dengan normal sehingga kompresor lebih tahan lama.
Gunakan timerMenggunakan timer saat pengoperasian AC dapat membantu untuk mengurangi konsumsi listrik. Set timer untuk mematikan AC satu jam sebelum Anda bangun, untuk mneghemat listrik. Dengan menggunakan timer maka AC Anda juga dapat awet karena tidak bekerja selama seharian secara terus menerus.
Tutup semua pintu & jendela saat menggunakan AC
Saat menyalakan AC, tutup semua pintu dan jendela sehingga udara luar tidak memungkinkan untuk masuk. Dengan menutup pintu dan jendela maka akan meringankan beban AC untuk mendinginkan ruangan dan membuat konsumsi listrik lebih sedikit.
Pilih AC dengan teknologi Low Wattage System
Cara lain untuk menghemat konsumsi listrik Anda saat menggunakan AC adalah dengan memilih AC yang dilengkapi dengan teknologi Low Wattage System. AC terbaik dari Sharp telah dilengkapi dengan teknologi Low Wattage & Voltage System sehingga AC tidak akan membutuhkan biaya konsumsi listrik dengan jumlah yang besar.
Selain itu, AC Sharp juga telah menggunakan Freon R32 yang merupakan freon terbaru yang ramah lingkungan sehingga tidak akan merusak lapisan ozon.

Sumber Sharp Indonesia
https://id.sharp/news/tips-menghemat-listrik-pada-pemakaian-ac